Mengenal OS Smart Phone


Mengenal OS Smart Phone (Android, BlackBerry, iOS, Symbian, dan Windows Phone)Tidak asing kan dengan nama-nama buah yang menjadi merek Handphone mahal seperti Apple dan Blackberry? Ya, mahalnya perangkat tersebut dikarenakan fitur-fitur canggih yang ditawarkan olehnya. Kecanggihan fitur-fitur tersebut tidak lepas dari yang namanya sistem operasi yaitu sejenis program yang mengelola sumber daya perangkat keras yang ada di dalam perangkat seperti komputer dan handphone.

Nah, sistem operasi juga merupakan pertimbangan yang sangat penting jika anda hendak membeli ponsel. Kadang-kadang anda membeli sebuah handphone karena merk yang lagi nge-trend saja dan belum tentu cocok dengan kebutuhan anda. Tapi sebenarnya ponsel bermerk dan mahal belum tentu cocok dengan kebutuhan anda. Langsung saja mari kita bahas mengenai sistem operasi yang bisa menjadikan pertimbangan anda sebelum membeli smartphone sehingga tidak mengakibatkan salah pilih.


Android




Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang biasa digunakan untuk telepon seluler seperti smartphone dan PC tablet. Android menyediakan platform terbuka untuk menciptakan aplikasi sendiri.
Sistem operasi buatan Google ini saat ini laris manis digunakan oleh produsen-produsen telepon seluler seperti Samsung dengan salah satu produk andalannya yaitu seri Galaxy, HTC, Motorola, dan bahkan produsen ponsel china pun menggunakannya. Terdapat beberapa seri Android OS mulai dari versi 1.5 (cupcake), versi 1.6 (donut), versi 2.0/2.1 (eclair), versi 2.2 (froyo/frozen yoghurt), versi 2.3 (gingerbread), versi 3 (honeycomb), hingga yang terbaru versi 4 (ice cream sandwich). Gosip terbaru Android juga akan meluncurkan versi 5 yang disebut-sebut bernama jelly bean. Benar tidaknya kita tunggu saja. OS ini cocok buat anda yang suka modifikasi atau oprek software.


BlackBerry




BlackBerry merupakan perangkat selular yang mempunyai kelebihan pada layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger (BlackBerry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. OS BlackBerry menyediakan operasi multi-tasking yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan ponsel secara intens. Juga tersedianya dukungan MIDP 1.0 dan WAP 1.2, bahkan MIDP 2.0 untuk versi terbarunya  yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender dll. Saat ini OS BlackBerry sudah mencapai versi 7. OS ini sangat cocok buat anda yang suka berjejaring sosial ria dan berselancar di dunia maya.


iOS




iOS merupakan sistem operasi buatan Apple yang digunakan untuk ponsel pintar iPhone. Tapi akhir-akhir ini tidak hanya iPhone saja yang menggunakannya melainkan juga iPod touch, iPad, dan Apple TV. OS ini merupakan kebalikan dari Android yang bebas dikembangkan. Kebanyakan aplikasinya berbayar. Akan tetapi sebanding dengan fitur dan performa yang diberikan. OS ini cocok buat anda yang ingin bergaya mewah.


Symbian




Symbian merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk perangkat bergerak (mobile). Sistem operasi ini saat ini mulai ditinggalkan setelah munculnya Android. Salah satu produsen yang masih menggunakan OS ini adalah Nokia. Nokia membeli seluruh saham Symbian. OS Symbian sempat meledak sekitar tahun 2000 dan sekarang mulai tergerus dengan keberadaan ponsel pintar lainnya.


Windows Phone




Windows Phone adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti dari terdahulunya yang bernama Windows Mobile. Windows Phone mincul pada tahun 2010. OS Windows Phone mendukung sampai 25 bahasa. OS Windows Phone kini banyak digunakan di berbagai perangkat selular buatan Nokia.
Title : Mengenal OS Smart Phone
Description : Mengenal OS Smart Phone (Android, BlackBerry, iOS, Symbian, dan Windows Phone) -  Tidak asing kan dengan nama-nama buah yang menjadi m...
Diberdayakan oleh Blogger.