Mengenal Berbagai Jenis Printer

Mengenal Berbagai Jenis Printer - Komputologi, anda punya printer dirumah? Atau anda sering bekerja menggunakan printer? Tapi apakah anda tahu jenis printer yang anda gunakan? Kalau anda belum tahu, mari saya ajak untuk mengenal tipe-tipe printer agar diketahui juga apa kelebihan dan kekurangannya. Jadi anda dapat memilih jenis printer sesuai dengan kebutuhan anda. Mari kita simak bersama apa saja jenis-jenis printer secara garis besar:

1. Printer InkJet
Printer jenis ini merupakan printer yang paling banyak digunakan saat ini. Selain harganya yang relatif murah, juga kualitas cetakan yang dihasilkan rata-rata cukup bagus. Printer inkjet pada umumnya menggunakan tinta jenis dye dengan kelebihan hasil cetakan yang sempurna tetapi cepat luntur serta kurang tahan terhadap perubahan cuaca. Jenis tinta lainnya adalah tinta pigmen yang tidak cepat luntur, tahan cuaca, dan cepat kering. Akan tetapi kekurangannya adalah hasil cetakannya tidak sebagus tinta dye. Printer inkjet yang populer saat ini adalah jenis All In One dan Inpus. Dengan jenis All In One kita bisa mendapatkan fasilitas tambahan berupa scanner dan fotocopy. Sedangan jenis inpus, banyak digunakan oleh pengusaha warnet dan rental komputer untuk menyediakan fasilitas print karena jenis ini lebih ekonomis dari segi pemakaian tinta sehingga biaya lebih murah.

2. Printer Laser Jet
Printer jenis ini mirip dengan mesin fotokopi, karena menggunakan  tinta berupa serbuk atau toner. Cara kerjanya pun sama seperti mesin fotokopi. Jadi, dapat mencetak dokumen dalam waktu yang cepat dan bagus, serta hasil cetakannya cepat kering dibanding dengan printer jenis inkjet. Konon printer ini cukup awet walau digunakan dalam jangka waktu yang lama.Tetapi harga printer jenis ini relatif mahal ketimbang printer jenis inkjet.

3. Printer Dot Matrik
Printer jenis ini mempunyai resolusi cetak yang sangat rendah karena print headnya masih terdiri dari jarum-jarum yang tersusun dari sekitar 9-24 pin, yang nantinya jarum ini akan "memukul" pita (printer ribbon) sehingga membentuk karakter di kertas. Pita printer jenis ini tergolong murah dan awet. Printer jenis dot matrik dapat digunakan untuk mencetak kertas rangkap. Kekurangan dari printer jenis ini adalah kualitas cetakan yang tidak sebagus inkjet dan laser jet. Printer dot matrik hanya cocok untuk mencetak tulisan saja, dan tintanya hanya satu warna. Saat anda mencetak dokumen dengan printer ini, anda akan mendengar suara seperti mesin ketik. Harga printer jenis ini relatif mahal.

Itulah tadi ulasan mengenai jenis-jenis printer secara garis besar. Semoga bermanfaat untuk menambah referensi anda.
Title : Mengenal Berbagai Jenis Printer
Description : Mengenal Berbagai Jenis Printer - Komputologi, anda punya printer dirumah? Atau anda sering bekerja menggunakan printer? Tapi apakah anda t...
Diberdayakan oleh Blogger.